Jumat, 22 Februari 2013

Ketika Kita Marah

Sahabat pembaca, marah dalam kamus Bahasa Indonesia  berarti sangat panas hati atau sangat tidak senang misalkan karena dihina, diperlakukan tidak spantasnya dsb.  Secara psikologis Marah merupakan bentuk ekspresi emosi yang ditimbulkan oleh pengaruh lingkungan sekitar manusia, dimana biasanya orang akan menjadi terpancing emosi marahnya apabila mendapatkan stimulus-stimulus yang mengancam atau mengusik ketenangan dan kenyamanan seseorang, misalnya orang akan marah jika dia di caci maki, di hina, dipukul, atau bahkan dilecehkan oleh orang lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi orang sehingga orang bisa menjadi marah, yaitu kondisi fisik, kondisi psikis, dan kemungkinan lain adalah karena moralitas yang tidak baik.
Marah juga sebagai sifat buruk yang semua orang pasti pernah mengalaminya. Namun hal itu jika dibiarkan akan berdampak tidak baik untuk diri kita sebagai seorang muslim. Karena dalam sebuah hadits Rasul dijelaskan,”Sesungguhnya marah itu berasal dari syetan...”.(HR Abu DAwud)
Dalam hal ini akibat marah banyak yang dirugikan bukan haya diri sendiri melainkan oranglainpun kena masalah atas kemarahan yang kita perbuat.
Sering kita mendengar berita dimedia, misalkan karena marah seorang ibu tega membakar anak kandungnya sendiri atau seorang suami tega membunuh isitrinya sendiri. Dengan demikian orang tersebut dikenai hukuman atau masuk buih. Lalu apa yang dia dapatkan rugikah atau untungkah. Yang pasti penyesalan yang mendalam karena telah melakukan hal yang sadis tersebut hanya karena marah. Jika kita sudah tau betapa buruknya akibat marah, maka saatnya kita tinggalkan sifat buruk itu dan baung jauh-jauh dari diri kita. Adapun langkah-langkah yang harus kita lakukan antara lain sbb:
1. ....Apabila seorang dari kalian marah,maka hendaklah ia berwudhu(HR Abu Dawud).
2. Upayakan jika sedang marah jangan berdiri tetapi duduk, jika duduk tak berpengaruh maka tidurlah.
3. Sabar dan ikhlaslah serta toleransi. Orang yang sabar pasti bisa mengendalikan dirinya dari kelakuan hal-hal yang tidak baik. Maka bersabarlah.
Semoga bermanfaat.
Salam hangat, An-Nahl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar