Senin, 18 April 2016

Bangkitkan Hidupmu Dengan Impian

Kejarlah hasrat anda, maka kesuksesan 
akan mengikuti anda. (Faiez H. Senyal)

Sudah tidak diragukan lagi bahwa hidup akan terasa semakin hidup dengan hadirnya sebuah cita-cita dan impian. Dengan impian dan cita-cita, hidup kita menjadi semakin ergairah. Bila hidup kita selalu disemangati oleh impian yang membara dalam dada, maka hidup kita akan terasa begitu dinamis. Impian dan cita-cita merupakan energy positif yang bersumber dari pikiran. Menurut awadh bin Muh. Al-Qarni, akal pikiran selalu bergerak secara terus-menerus, tidak bisa berhenti. Jika akal pikiran tidak digunakan untuk kebaikan, maka ia akan dimanfaatkan oleh kebatilan. Bila kita tidak menggunakannya untuk kemaslahatan, maka kejahatanlah yang akan menggerakkan otak kita.
maka ia akan bekerja  untuk kemunduran dan kejelekan. Jika selaku pelajar  kita mau menggunakan akal pikiran untuk belajar dan menelaah mata pelajaran, mengerjakan tugas dari guru, rajin, giat dan ulet menimba ilmu pengetahuan disekolah , maka kita tidak akan pernah membuat contekan saat ulangan. Sebab, membuat contekan ketika ulangan merupakan tindakan pembodohan.
Atau, kita tidak akan melihat dan mencontoh buku milik teman waktu ada  PR  yang harus dikerjakn. Akan tetapi, kita akan melakukan tugas-tugas sekolah dengan baik. Sebab, lita punya impian yang akan menuntun akal pikiran kita menuju kebaikan.
       Impian yang dapat membangkikan hidup kita adalah bentuk impian yang berupa cita-cita mulia yang bisa dijadikan sarana unuk memotifasi diri, pemacu energi, serta penggerak badan untuk beraksi merealisaikan visi dab misi hidup. Inilah bentuk impian yang bisa membakar semangat, bentuk mpian yang bisa menimbulkan energi positif. Oleh karna itu, kita harus memiliki impian supaya kita bisa bergerak dengan penuh semangat, bekerja denfan penuh stamina, dan berjuang dengan penuh pengorbanan.
        Menurut sholihin, cita-cita dan impian yang dapat memaksimlkan potensi kita harus mempunyai empat
  1. Cita-cita adalah kemulian kriteria, yaitu. Orang mulia adalah orang yang memiliki cita-cita.seba, cita-cita akan membentuk pendirian yang kokoh. Orang yang memiliki cita-cita tidak gentar menghadapi masakah dan tidak jera menhadapi kegagalan. Adapun orang yang tidak memiki cita-cita akan menjadi seorang pengecut, penakut, dan pecundang.
  2. Cita-cita besar ibarat dynamo. Cita-cita besar akan menggerakkan arus positif dan mengendalikan arus negative yang mengontrol tubuh kita. Cita-cita besar juga ibarat bahan bakar yang bisa menyulut semangat kita. Cita-cita besar dapat memacu kendaraan untuk terus melaju, melesat laksana kereta api ekspres.
  3. Cita-cita besar adalah pintu; pintu kebahagian, pintu kesuksesan, dan pintu kesempurnaan. Cita-cita besar adalah pintu gerbang untuk menikmati keindahan alam yang memesona tiada tara.
4  Cita- cita besar adalah obat; obat penghilang kelemahn, obat penghapus kemalasan ,dan obat penyembuh kesedihan.dengan cita cita besar itulahsegala kehinaan,kerendahan dan keterpurukan bisa di sembuh kan.
Sekarang mari kita cermin kepada diri sendiri. Tetap telapak tagan anda, bayangkan wajah anda. wajah anda akan semakin tampak lebih jelas ditampak tangan anda. coba lihat ekspresi wajah anda. bila anda tidak mampu mewlihat nya, anda harus lebih baik belajar relaksai dan konsentrasi . bila anda melihat ajah anda yang penuh dengan kemalsan, kesedihan, kepenatan, pusing krna banyak masalah yang belum retarasi, memikirkan nasib baik yag tidak pernh berpihak kepada anda, nilai ujian yang selalu minim, pelajaran yang susa ditelan, membenci guru dikelas, atau jika annda berprofesi sebagai guru merasa jengkel ngeliat kelakuan para siswa, serta seabrak perasaan tidak mengenakkan lainnya terpncar dari wajah anda, maka renungkanlah dalam-dalam mengapa semua ini bisa terjadi ? pertanyaan  saya selanjut nya, apakah selama mengurangi kehidupn ini, anda mempunyai impian yag harus direalisasikan dan imoian yang harus digapai? Jawaban nya ada pada diri anda.
       Bagi para pelajar yang ingin hidup bertabur kemuliaan dan kebahagian serta ingin menggapai kesuksesan dimasa depan, segera mmemilikilah cita-cita, galilah potensi kemampuan, giat dan tekun lah belajar dengan penuh kesabaran, serta raih lah prestasi  belajar.jangan biyarkan rasa malas menghampirimu. Tending jauh-jauha sifat pecundang yang ada daam dirimu. Singkirlah tradisi menyontek. Jadilah pahlawan bagi dirimu sendiri, jadilah  anak pintar kebanggaan orang tua dan gurumu. Gapailah prestasi dengan cara memaksimalkan potensi diri. Gapailah asa mulia dengan kecerdasan otakmu. Jadikan hidupmu semakin terasa lebih hidup dengan impian dan cita- cita bersamamu. Insyiallah apa yang anda impikan akan jadi kenyataan dimasa mendatang.
       Mimpikanlah hal-hal besar dalam menggapai keberhasilan hidupmu.jangan hanya memimpi hal- hal yang sepele dan kecil, kitapun akan mendapatkan sesuatu yang serba spela dan aserba kecil. Apapun yang kita impikan akn tercapai bila mana kita benar-benar serius memimpikan nya. Apa saja yang kita cita-citakan akan menjadi kenyataan, dengan syiarat kita serius dan fokus pada asa yang kita torehkan. Jika apapun yang kita cita-citakn dan kita impikan akan menjadi sebuah kenyataan yang masa yang akan mendatang. Maka sungguh merugi bila kita tidak mempunyai impian dan cita-cita hidup.  Atau, kita mempunyai impian tetapi hanya sebatas impian yang kecil-kecil saja. Jangan takut untuk brmimpi tentang sesuatu yang besar. Jangan pernah merasa ragu dalam membangun impian masa depan. Bila impian kkita belum tercapai, bukan berarti kita salah dalam bermimpi. Akan tetapi, ada sesuatu yang salah dalam tindakan kita mengejar mimpi. Sekarang yang paling penting adalah bermimpilah. Biyarkn otak bawa sadar kita bekerja dengan sendiri nya. Otak bawa sadar kita akan menuntun kita dalam impian.
        Arai, seorang tokoh dalam novel sang pemimpin karya andrea hirata pernah berkata, ‘’ bermimpilah, maka tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu. ‘’ artinya, bermimpilah, berharaplah, dan berdoalah, maka tuhan pengatur alam semesta akan membantu kita dalam mewujudkan impian.
dikutip dari Buku Software Pembeljaran/ Muh. Noer. Hal.31

Tidak ada komentar:

Posting Komentar