Senin, 02 November 2015

5 Tips Agar Menjadi Peringkat di Kelas

Menjadi peringkat kelas adalah cita-cita yang banyak diinginkan oleh banyak siswa. jika kita mendapat peringkat atau nilai raport kita bagus, pastinya orang tua kita juga merasa senang dan bangga pada kita (anaknya). Menjadi peringkat juga sebagai tolak ukur siapa yang terbaik dan orang yang nomor satu di sebuah kelas namun tidak semua siswa bisa meraih prestasinya dengan cemerlang meskipun menjadi keinginan atau impian banyak siswa. Naha kalau anda sebagai pelajar ingin meningkatkan prestasi atau ingin mendapat peringkat dikelas. anda boleh coba 5 tips jitu dibawah ini.
1. Tanamkan motivasi dalam diri
Seseorang yang ingin mencapai tujuan, tentunya ia membutuhkan motivasi atau penyemangat diri. Untuk mendapat motivasi yang pertama, anda tulis dengan jelas alasan kenapa anda ingin memperoleh peringkat misalnya karena ingin membahagiakan orang tua, ingin menjadi yang terbaik dikelas, ingin menguji kemampuan diri atau bahkan ingin mendapat hadiah dari orang tercinta dan berbagai alasan lainnya. Yang kedua motivasi bisa didapat dari orang-orang terdekat anda, misalnya orang tua itu sendiri, keluarga, kerabat atau guru anda sendiri yang selalu berjumpa saat disekolah. Pintalah motivasi dari mereka, mereka adalah investasi anda yang akan membawa perubahan baik bagi anda.
2. Dekat dengan guru
Dekat dengan guru juga bisa mebut nilai anda menjadi lebih baik (nilai tambahan) dan biasanya itu didapat dari keseharian anda. Caranya bisa dengan suka bertanya meski diluar jadwal ngajar, membantu sedikit tugas-tugasnya misalkan menghapus papan tulis atau white board yang dudah penuh dengan tulisan, membawakan tas atau bukunya kekantor, menyapanya saat bertemu atau yang paling asyik sekali-kali anda berkunjung atau silaturahmi kerumahnya.
3. Belajar secara efektif dan efisien
Mungkin tips yang ketiga ini agak berat karena disinilah inti atau letak permasalahannya. Bukankah kita sering malas dan sering kesulitan dalam memulai untuk belajar. Sebetulnya belajar itu tidak membutuhkan waktu yang lama, anda bisa jadwalkan dirumah mungkin hanya lima menit untuk setiap mata pelajaran. Jika itu dilakukan secara continue itu sudah cukup efektif. Ketika pulang dari sekolah bacalah buku atau ulangi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru tadi, dan ingat tidak usah lama-lama cukup lima menit saja, begitu pula saat malam hari anda harus menyiapkan dan membaca buku pelajaran apa saja yang akan dipelajari dihari esok pagi nanti.
4. Lengkapi catatan anda
Catatan buku anda yang tidak lengkap juga menjadi penghambat dalam kegiatan belajar anda, maka segeralah lengkapi catatan anda misalkan dengan cara meminjam pada teman anda, kemudian hal yang jarang dilakukan oleh para siswa adalah mencatat hal-hal penting ketika guru menjelaskan padahal seorang guru bisa saja memberikan soal bukan apa yang dia tulis melainkan yang ia jelaskan. Nah, kalau kita punya catatan sendiri yang lengkap maka anda tidak akan kesulitan lagi dalam menjawab soal ketika ulangan atau ujian. Selain itu anda juga bisa menandakan catatan yang menurut anda penting misalnya dengan menggaris bawahi, membubuhkan stabilo, atau merangkum pada kertas kecil semua catatan yang menurut anda penting agar bisa masuk dalam saku anda dan anda bisa baca saat anda bermain, berjalan-jalan dan lain sebagainya.
5. Rajin berdoa
Saat kita mempunyai impian atau keinginan jangan lupa sampaikan permohonan kepa Allah, karena segala sesuatu ada dalam kehendaknya. Apa yang tidak mungkin baginya, orang yang telah mati saja bisa dibangkitkan kembali apa lagi hanya menjadikan kita sebagai peringkat dikelas itu sangat mudah bagi-Nya. Ingat ada saat-saat tertentu doa yang akan diijabah oleh Allah, diantaranya setelah shalat lima waktu, setelah puasa, setelah membantu orang lain, saat sepertiga malam (tahajjud) dll.
Nah, sahabat pembaca itulah tips-tips yang boleh anda coba kalau anda bener-bener ingin mendapat peringkat dikelas. Selamat Mencoba, Semoga Sukses…!!!
*An-Nahl


Tidak ada komentar:

Posting Komentar