Senin, 02 November 2015

Kemarau gak ngeluh lah yaou….

Tidak lama ini idonesia mengalami musibah yakni kabut asap di riau dan sekitarnya yang mengakibatkan nyawa melayang begitu saja. Karena akibat pembakaran hutan oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Selain persoalan itu memang saat ini adalah musim kemarau sehingga amat mudah saat terjadi kebarakan cepat merambat dan sulit dikendalikan. Bukan hanya rakyat Indonesia yang mengeluh karena Negara-Negara tetanggapun mendapat dampak kabut asap dari indoonesia.
Pasti sobat pada ngeluhkan kalo lagi panas gini. Terus pasti bayak Tanya tentang apa saja yang harus dilakukan saat musim kemarau. Masasih kita harus tetus terusan mengeluh gak mungkinkan. Jadi sekarang yuk kita kaji apa saja hikmah yang dapat kita petik saat musim kemarau.
Nah yang pasti ini enakkan kalo lagi nyuci atau menjemur cepet kering itu jemuran atau yang lagi produksi ikan asin atau produk lain yang memerlukan panas matahari pasti akan menghasilkan produk yang maksimal. Tapi jangan kira deh kalo mau nanam tumbuh-tumbuhan dimusim panas gini past langsung mati. Tapi asal jangan semngat kita aja yang mati ya mas bro.
Butuh banyak air atau air langka saat musim panas, top betul banget tuh, nah disnilah kita harus sadar betapa air itu sangat berharga. Jangan sampe kita menghambur-hamburkan air yang tersedia yang kita miliki karena masih banyak yang membutuhkan. Jadi hargailah walau hanya air karena bagaimana jika disekitar kita tidak ada air. Mau mandi, masak, mencuci, dll mau pake apa.
Terus nih musim panas juga menguntungkan bagi yang sedang membangun rumah atau jalan, kenapa karena walau panas tapi tidak mengganggu pekerjaan dibandingkan dengan hujan. Bagaimana coba bisa dibayangkan pasti gak bisa kerja kalau hujan terus bagaimana bangunan tersebut bisa kering kalo tiap hari hujan. Sedangkan kalau lagi panas amat cepat dan memuaskan hasilnya kering, kuat dan akan menjadi kokoh. Liat aja sekarang banyak jalan-jalan dibangun dibulan ini.
Selan membangun jalan ada lagi dong pasti yaitu membangun rumah tangga hehe, alias menikah. Dibulan-bulan ini sudah kebuktikan banyak banget keluarga atau teman-teman ente yang mengadakan acara pernikahan, undangan numpuk sampe bingung. Karena apa, karena cuacanya memungkinkan. Bisa dibayangkan andai mengadakan acara pernikahana atau hajat dimusim hujan wah pasti berantakan, selani tempat yang basah kuyup juga para tamu tidak dijamin akan datang semua.
Terus hayo apa lagi kira-kira dibulan kemarau ini yang diuntungkan. Hemmm kalo ente haus pengen apa. Pasti minumkan, tapi gak sekedar minumkan pasti pengen yang seger-seger yakan iya ajasih hehe.. Yups panas-panas gini enak kaliyah minum es.. Nah sekarang ketaukan kalo lagi panas pasti penjual es laris manis dan akan untung banyak yah Alhamdulillah deh semoga para penjual es dapet untung banyak dan dapat menafkahi anak istrinya. Amin. Ko jadi ngedoain tukang es ujung-ujungnya. Tapi gak apa2 deh kan doa juga ibadah apalagi mendoakan orang lain yang baik2 sudah pasti dapet pahala amin. Mari kita berdoa somoga musibah-musibah yang terjadi di Negara kita cepat terselesakan.*




Tidak ada komentar:

Posting Komentar