Senin, 02 November 2015

Karya Seni Sabuk Ukir Yang Menghasilkan Usaha

Hari ini  saya akan mewawancarai ayah saya yang bernama A.Rahmat, yang bekerja sebagai wirausaha sekaligus seniman yang membuat sabuk ukir. saya bangga mempunyai ayah seorang pembuat sabuk ukir. tapi masih saja banyak orang yang merendahkan pekerjaan ayahku….karna mereka belum mengetahui kalau ayahku seorang seniman yang menghasilkan seni, memang harga bahan-bahan yang diperlukan harganya tidak mahal tapi harga seninya yang mahal karna tidak semua orang bisa membuatnya.
Oke dari pada berbincang-bincang terlalu panjang langsung saja saya akan menceritakan “CARA PEMBUATAN SABUK UKIR” yang dibuat oleh ayahku, dan aku langsung bertanya pada ayahku.
“yah..siapa orang yang pertama menemui karya sabuk ukir ?”.”pak H.Rahmat bin wasabri bekerja sama dengan ayah git”.
“Dan pada tahun berapa sabuk ukir pertama kali dibuat?”.”pada tahun 1974”
“dimana pertama kali sabuk ukir muncul ?”.”dijalan jurang bandung git”
“kapan sabuk ukir banyak peminatnya ?”.”dari tahun 2000 sampai sekarang”.
“apa keuntungan kerja sebagai pembuat sabuk yah ?”.”kerjanya santai dan hasil karyanya sudah internasonal”
“dan apakah pembuatan sabuk ukir itu mudah ?”.”sulit dan hanya orang tertentu yang bisa git”
Jadi kesimpulannya adalah sabuk ukir terbuat dari kulit sapi asli. Dan pembuatan sabuk ukir pertama kali adalah pak H. Rahmat bin wasabri bekerja sama dengan ayahku, sabuk ukir pertama kali dibuat dkediaman pak H. Rahmat bin wasabri dijalan jurang bandung pada tahun 1974. Dan keuntungan kerja sebaga pembuat sabuk ukir adalah kerjanya santai dan karyanya sudah internasonal,dan membuat sabuk ukir tidak semudah yang dibayangkan dan hanya orang tertentu saja yang bisa. Setelah berwawancara saya akan menjelaskan tentang bahan-bahan sabuk ukir yang pertama yaitu :

1. KULIT SAPI
Kulit sapi….iya kulit sapi tapi bukan kulit sapi basah yang bisa dibikin rendang hehehe….tapi kulit sapi yang diperlukan yaitu kulit sapi yang sudah dikeringkan selama beberapa bulan agar tidak lengket saat diukir,kulit sapi ini adalah bahan utama pembuatan sabuk ukir, tanpa adanya kulit sapi ini tidak akan jadilah sabuk ukir karya ayahku….selain sabuk ukir yang dibuat dengan kulit sapi, kult sapi juga bisa dibuat dompet, gelang, tas, sepatu, dll.
2. PENSIL
Pensil adalah yang digunakan selanjutnya, pensil berfungsi untuk membuat pola dasar gambar yang akan diukir dan harus penuh dengan ketelitian dan imajinas yang tinggi.
3. PISAU UKIR
Pisau ukir adalah alat yang digunakan selanjutnya, alat ukir ini bisa digunakan sebagai gambar dengan pola yang sudah ditentukan.
4. TETREKAN
Alat tetrekan adalah alat yang akan digunakan selanjutnya, tetrekan ini yang digunakan untuk memperdalam lapisan yang tidak diukir agar gambar dan pola tertentu dan sesuai dengan keinginan agar lebih menonjol dan ini yang membuktikan dasar seninya, dan yang punya alat ini hanya pembuat sabuk ukir saja.
5. PALU
Palu adalah alat yang digunakan selanjutnya, palu adalah alat yang digunakan untuk menetrek bagian yang sudah ditentukan oleh pola tersebut.
6. LIKUT
Likut adalah alat yang akan digunakan selanjutnya, likut adalah alat yang akan digunakan untuk melicinkan bagian yang akan disemir setelah pola terlihat.
7. SEMIR
Semir adalah alat yang akan digunakan selanjutnya, semir digunakan agar tidak terkena lapisan yang akan dicat dan semir bisa digunakan sebagai pewarna permukaan seni yang menonjol.
8. SIKAT
Sikat adalah alat yang akan digunakan selanjutnya, dan digunakan untuk meratakan warna semir pada pola yang menonjol.
9. CAT
Cat kulit adalah alat yang akan digunakan selanjutnya yang akan digunakan sebagai bahan untuk mewarnai kulit yang permukaannya tidak menonjol.
10. LEM
Lem adalah alat yang akan digunakan selanjutnya, lem digunakan untuk menempelkan antara kulit dan laken yang akan dijahit agar rapih dan tidak lepas.
11.LAKEN
Laken adalah alat yang akan digunakan selanjutnya, laken adalah alat yang akan digunakan sebagai lapisan kulit agar terlihat tebal dan rapiih.
12. GUNTING
Gunting adalah alat yang akan digunakan selainjutnya, gunting digunakan sebagai alat yang pemotong yang menghilangkan lapisan laken yang tidak sesuai batas kulit.
13. MESIN JAHIT
Mesin jahit adalah alat yang akan digunakan selanjutnya, yang digunakan sebagai alat yang menghasilkan jahitan yang menguatkan laken yang menempel agar rapih dan hasilnya memuaskan.
13. KEPALA SABUK
Kepala sabuk adalah alat yang akan digunakan selanjutnya, yang berfungsi sebagai pusat sabuk ukir agar bisa dipakai dengan rapih, kepala sabuk ini bisa terbuat dari baja dan kulit sapi tergantung selera yang dinginkan
Setelah semua bahan dan perlengkapan sudah selesai jadilah sabuk ukir karya ayahku…..*

Tentang ayahku :
Ayahku bernama A.Rahmat biasa dipanggil pak rahmat, berminat memesan SABUK, TAS, DOMPET, GELANG silahkan datang saja ketempat pembuatan alamat : kP. Ragas Grenyang-Puloampel Serang-Banten. Dijamin karya ayahku berkualitas. Hub.085945453311





Tidak ada komentar:

Posting Komentar