Kamis, 23 April 2015

Bagaimana Jurus Belajar Yang baik?

Sistem kebut semalam (SKS) ketika mau ada ulangan atau ujian adalah jurus yang sering digunakan oleh pelajar masa kini, padahal tindakan itu kurang baik secara psikologi seperti terdapat paksaan. Salahsatu dari tindakan tersebut hanya mengisi otak dengan hafalan, bukan untuk mengerti hal yang dipelajari. Akhirnya hapalan tersebut cepat lupa.
Selain itu, pelajar juga harus memahami bahwa sebuah nilai ulangan, ujian dan raport bukanlah yang utama. Karena banyak orang yang berpendidikan dengan nilai tinggi hanya menjadi pengangguran, buruh, atau karyawan.
Sebagai pelajajar hendaknya selalu melatih otak dengan selalu bertaya tentang hal-hal yang sedang dipelajari, sehingga timbul proses berpikir kreatif dan membuat motivasi serta semakin mengerti. Misalkan pertayaan, apa yang hebat dari pelajaran ini, bagaimana aku bisa lebih cepat mengerti pelajaran ini? Apa ini dan apa yang bisa saya terapkan dalam kehidupan dari pelajaran ini? Karena bertaya adalah salah satu seni berpikir.
Dalam buku Super Student yang ditulis oleh Crazy Master Romo Dewa, menawarkan beberapa tips atau jurus belajar yang hebat. Semoga kita dapat mengaplikasikannya.
Yang pertama, mempelajari materi terlebihdahulu sebelum dibahas oleh pengajar. Misal, sebuah materi yang sedang dipelajari di sekolah baru sampai halaman 10, kita harus membaca dan mempelajari sampai halamaan 20. 30 atau sampai seluruhnya. Maka ketika halamn selanjutnya sedang dibahas disekolah, kita sudah benar-benar siap. Bisa mengerti lebih sempurna lagi ketika mendengar penjelasan dari guru. Yang tak terlupa cara ini akan menyiapkan diri kita secara mental dan wawasan ketika ada ulangan harian, atau ulangan mendadak dan kamu telah siap.
Kedua, konsentrasi menyimak pelajaran. Keseriusan atau konsentrasi dalam belajar adalah penting. Rileks dan tidak tegang serta tak ada beban lain sehingga akan mudah menerima dan mengerti serta menyimak pelajaran yang dibahas dan dijelaskan guru.
Ketiga, bertaya. Bertanya juga sangat penting ketika terdapat kejanggalan atau tidak paham dari yang dijelaskan guru. Hal ini akan selalu teringat dan bertanya adalah seni yang harus selalu dipegang oleh seorang pelajar agar tak ada kesulitan pelajaran yang belum selesai.
Keempat, mengulangi pelajaran. Rahasia menguasai segala sesuatu adalah pengulangan. Setelah kita pulang sekolah, luangkan atau investasikan waktu untuk mengulang pelajaran yang telah kita pelajari hari ini disekolah. Dengan pengulangan dari tidak bisa menjadi bisa, dari bisa menjadi mahir, dan dari mahir menjadi sempurna. Sama halnya kunci sukses belajar adalah berlatih, berlatih dan terus berlatih.
Kelima, memiliki kemampuan membaca cepat. Tujuan membaca cepat adalah untuk menguasai pelajaran dan mendapat asupan wawasan untuk pelajaran.  Berlatihlah membaca lebih cepat, karena hal itu dapat membuat kita lebih bergairah dalam belajar.
Keenam, menguasai cara mengingat atau menghafal lebih cepat dan lebih baik. Contoh teknik mengingat yang bisa kita terapkan yakni pertama, menggunakan jembatan keledai, yaitu istilah yang digunakan dalam proses menghafal atau mengingat dengan kata-kata atau kalimat-kalimat tertentu yang asyik, antic dan menyenangkan sehingga akan lebih mudah terserap dan menghafal. Kita akan lebih mudah menfhafal urutannya jika menggunakan jembatan keledeai seperti menyimbolkan huruf E dengan kata ‘Ekor’, huruf B dengan kata Burung dan lain-lain. Kedua, menggunakan gambaran atau visualisasi. Gunakan imajinasi untuk membuat gambaran tentang hal yang kamu hafalka. Buatlah gambar , baik dalam imajinasi maupun dalam kertas kosong. Contoh menghafal definisi dari istilah “laut” sebagai berikut. Laut adalah perairan/air yang memisahkan pulau dengan pulau, atau benua dengan benua. Caranya: gambarlah beberapa pulau dan garis-garis yang menandakan batas benua. Tak perlu persis seperti di peta, kemudian diantara pulau-pulau tersebut gambarlah air yang kamu tulis “laut”.
Ketujuh, menguasai cara menghitung cepat. Kita harus mengambil keputusan untuk menguasai keterampilan menghitung cepat, baik belajar sendiri maupun kursus pada orang lain. Dengan demikian, ketika kita belajar matematika atau pelajaran hitung lainnya kita sangat senang dan sangat menikmati.
Jadikanlah belajar yang baik sebagai gaya hidup sepanjang hidup kita dan kita akan memiliki prestasi yang dahsayat. Belajarlah yang rajin dengan cara yang cerdas dan cintailah belajar.* MP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar