Kamis, 23 April 2015

Thaks To Masalah

Pepatah bilang gada masalah hidup terasa hambar, bagai masakan tanpa garam. Apa bener hidup harus mengalami berbagai rasa? Secara logika ya begitulah kiranya. Sederhananya saat Kamu’ ingin makan daging rendang, pertama kali rasanya enak, nikmat tapi coba setiap hari makan pake lauk daging rendang gimana rasanya? Hayo mau makan apa lagi yang menurut Kamu paling enak didunia ini?. Udadeh rasain aja, nikmatin aja yang ada. Coba kalo kamu ditanya pengen makan enak, apa enak makan? Hayo jawab. Pasti pilih enak makan, Coz makan sama apapun pasti kerasa enak, tapi kalo kamu milih makan enak tapi hati kamu pas ga enak, tetepkan kamu  gak mau makan, gak enak makan. Ayam goreng kaya terasi. Tapi coba kamu pilih enak makan terasi juga terasa nikmat dilidah kaya daging rendang. Kata ortusih apapun yang kita makan ujung-ujungnya sama pas keluar warna K’ or masuk ke WC.
Yaudah to the point ajadeh, capa capa yang lagi punya masalah, gasah dipikirin. Yang mesti kamu lakuin buruan selesein daripada lagi belajar, guru lagi nerangin pikiran kamu kemana-mana, akhirnya pas ditaya guru apa yang tadi dijelasin melongo’ haha dah jangan lama-lama mangap ntar lalat pada masuk kemulut kamu lagi hehe.
Semua masalah pasti itu berawal dari kamu, misalnya gara-gara gak jujur, gara-gara bermain api, iseng atau bisa jadi karna gak ngerjain tugas sekolah atw yang sering terjadinih kamu dah ngelanggar peraturan sekolah. Waduh waduh bisa gaswatnih. Yaudah yups coba sekarang kamu udah dewasa, masak cemensih ngadepin masalah kayak gini aja, harusnya kamu bangga, harusnya kamu lebih semangat dalam menyelesaiakan setiap masalah yang dihadapi. Mengapa ? karena bila kamu mau bersedia menyelesain semua masalah yang ada itu bertanda kamu punya jiwa besar dan bertanggungjawab. Kamu masih ingetkan pepatah mengatakan semakin tinggi sebuah pohon maka semakin besar ia diterpa angin. Itu bertanda kamu bisa tinggi derajatnya atau kamu bisa naik kelas. Maksudnya bukan kelas disekolah ya, tapi khusunya kelas dalam kehidupan kamu. Gak munkin seseorang bisa menyelesaian semua masalah kecuali dari tahap demi tahap. Kamu tau kenapa hidup penuh ujian, yang pasti itu biyar kamu bisa hidup lebih kuat, tahan banting menahan segala masalah yang menerpa kamu. Kamu sudah seringkan liat diberita televisi, gara-gara  ekonomi yang genting mereka bunuh diri, karena dia putus asa gak bisa brtaha hidup, gak mau berjuang dan banyak orang yang mati konyol bunuh diri gara-gara tu orang punya masalah dan mengambil jalan pintas yakni putus asa alias dah gak kuat jalanin hidup. Kata guru agama saya sih tu orang kurang iman, kata psikolog tu orang depresi tapi kata sayasih tu orang gebleg, haha seenak kata kamu ajadeh mau nganggep kaya apa tentang mereka. Yang pasti jangan sampe kamu ikut-ikutan atau terhipnotis oleh berita-berita yang negatif. Moga selalu dapet ngambil pelajaran dari setiap kejadian. Kamu harus berterimakasih sama masalah, so semua itu bisa sebagai bukti kalo kamu bener-bener dewasa dan menjadi manusa super man eh maaf maksudnya super kuat. Wah kamu hebat yah, kayak gimanaya manusia super hebat. Tapi aslideh kalo kamu dah kebel N’ biasa ngadepen kesusahan atau masalah ntar setiap masalah yang kamu hadapin apapun itu terasa enteng nah itu maksunya disebut kuat. Bukan hanya kuat ngangkat besi aja, tapi perlu kuat ngangkat beban atau masalah yang selalu datang silih berganti dalam kehidupan.
Makannya hidup kudu prihatin, harus hati-hati gasah belagu atau neko-neko. Gasah sok punya segalanya. Dan gasah terlalu nampakin ketidak punyaan kita. Apa lagi pamer, apa yang mau kita banggain. Kita Cuma pelajar, yang setiap hari kayak ngemis ke ortu. Pagi-pagi udah nadahin tangan minta uang jajan. Haha kenak kamu sekarang.
Kalo kamu mau, kamu harus terus berjuang untuk masa depan kamu, untuk keluarga kamu. Siapa tau ntar kamu jadi orang sukses, bisa nyenengin nyokap N’ bokap kamu. Bisa bermanfaat bagi orang banyak terus berguna bagi nusa dan bangsa. Hmmm kerenkan bro bahasanya. Jadi kaya sok pinternih, sok ngajarin N’ nasehatin, gak ko hhaha, makluminjadeh kita  masih sama-sama belajar sob.
Terus jangan lupa yang, lidah juga harus dijaga, ga boleh ngomong sembarangan. Kata orang tua dulu, omongan itu doa. Jadi sebisa mungkin kamu keluarin deh kata-kata yang positif atau doa atau diisi dengan shalawat dan berdzikir lebih okekan lumayan tabungan untuk diakherat. Huwak huwah sok nasehatin laginih kaya Pak Ustadz aja. Tapi bener deh kalo kamu ngomogn sembarangan ke orang lain ntar timbul masalah. Kamu gak maukan punya masalah gara-gara Cuma lidah yang konslet. Kan banyaktuh bahasa-bahasa gak tau berasal dari planet mana. Yang pasti banyak bahasa-bahasa negatif yang berkembang pada remaja katanya biasanya dipake sebagai bahasa gaul. Contohnya maaf yah  kaya ‘cabe-cabean de es be.
“Sekecil apapun itu masalah cepat-cepatlah selesaikan, karena masalah besar berawal dari masalah sepele”.
Okedeh segini dulu, coz ni batrel laptop ada masalah, dah Low jadi maaf yah ga bisa lanjutin ngobrol. Tapi gasa sedih gitu dong say, ntar kita bisa silaturahmi di edisi depan. Amin moga kita bisa ketemu lagi. Doain ajayah. MP
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar