Kamis, 23 April 2015

Pilih Kerja Agar Mandiri dan Tidak Merepotkan Orang Tua (Kutipan Wawancara)

Keberhasilan sekolah tidak hanya dilihat dari kegiatan belajar mengajar yang baik atau manajemen yang baik serta fasilitas yang memadai bahkan dari nilai akreditasi, namun keberhasilan sekolah bisa dilihat dari upaya sekolah menjalin stake holder pada pihak industri atau lembaga pendidikan, sehingga para alumni atau lulusan dari sekolah dapat mengembangkan pengetahuan, pengalaman dan kompetensi sesuai bidangnya masing-masing setelah lulus dari sekolah tersebut. Entah itu keberhasilan alumni dalam memasuki dunia industri atau perusahaan atau lembaga pendidikan tinggi lainnya serta berwirausaha hingga meraih kesuksesan.
Berikut ini Media Pelajar (MP) sempat mewawancarai salah satu alumni SMKN1 Puloampel yaitu saudara Ahmad Honim yang terserap Industri atau sudah bekerja disebuah perusahaan yang sifatnya permanen. Namun hal ini beliau mengakui semua berkat didikan atau motivasi dari dewan guru atau mendapat pelajaran serta pengalama dari SMKN1 Puloampel. Berikut hasil petikan wawancara kami.

Apa kesan anda saat sekolah di SMKN1 Puloampel?
Saya sangat bangga, karena saya sebagai alumni pertama.  bangga juga dengan guru-guru yang telah memotivasi saya untuk menjadi murid yang baik. Dan walaupun banyak kekurangan seperti minimnya alat praktek namun saya tetap bersyukur karena saya tetap mendapat pengalaman baik dari organisasi yang saya ikuti atau dari guru-guru serta teman-teman.

Pelajaran apa yang anda sukai saat itu?
Pelajaran yang saya sukai yaitu bahasa inggris, kesenian, dan bahasa indonesia. Mantan ketua Osis dan aktivis sekolah ini menjelaskan Bahasa inggris sangat penting karena sebagai bahasa internasional selain itu prosedur atau hal-hal lainnya di industri mayoritas menggunakan bahasa inggris. Bahasa indonesia perlu dipelajari agar bisa berbahasa yang baik dan bangga terhadap bahasa negara kita sendiri. Sedangkan pelajaran kesenian karena saya sendiri ingin tetap melestarikan budaya sendiri. Misalkan seni beladiri bandrong, tapak suci dan budaya atu kesenian lainnya.

Kenapa anda lebih memilih bekerja daripada melanjutkan kuliah?
Karena keadaan yang kurang mendukung untuk kuliah. saya memilih bekerja terlebih dahulu dengan harapan mendapat uang, bisa mandiri dan tidak merepotkan orang tua. Namun saya tetap berharap kapan saatnya bila mendukung saya ingin melanjutkan kuliah. Ujar alumni yang dulu mengambil jurusan kimia industri ini.

Bagaimana perjalanan anda hingga bisa masuk kerja atau diterima disebuah perusahaan?
Berawal informasi dari rekan dan saudara, dari situlah saya melamar dan ikut tes. Alhamdulillah ada yang diterima dan tidak. Pertama kali saya ikut tes di PT. Titan, PT. Polychem dan terakhir pada PT. Showa Esterindo.
Alhamdulillah dengan keputusan yang mantap saya memilih PT. Showa dengan harapan lebih baik dari perusahaan yang saya sebut. Adapun posisi bekerja saya saat ini dibagian laboratorium analis kimia. Saya bekerja disini kurang lebih sudah empat tahun lebih.

Pesan anda untuk adik-adik kelas?
Buat adik-adik semuanya, mudah-mudahan mendapat keberhasilan. Dan pesan saya tuntutlah ilmu, kurangi bermain dan terus kejar cita-citamu. Hendaknya mau berakit-rakit kehulu berenang ketepian. Pahit-pahit dahulu baru bersenang-senang kemudian. Yang terakhir jangan patah semangat dalam belajar, jangan malu bertanya. Bertemanlah pada orang yang lebih dewawasa dari kita, gali informasi sebanyak mungkin karena informasi itu sangatlah penting.

Anda selaku ketua Ikatan Alumni SMKN1 Puloampel, program apa yang akan anda laksanakan untuk hari-hari kedepan?
Pertama saya ingin mengadakan pertemuan para alumni minimal setengah tahun sekali, dengan tujuan tentu untuk mempererat silaturahmi alumni dan bertujuan untuk saling kenal. Karena tak kenal maka tak sayang. Selanjutnya yakni acara reuni. Walaupun tidak setahun sekali, kita kondisikan minimal tiga tahun sekali.

Apa harapan anda untuk SMKN1 Puloampel tercinta?
Semoga kepala sekolah,  dewan guru, dan staff SMKN1 Puloampel dan yang lainnya harus lebih baik dari hari kemarin. Tunjukkan bahwa sekolah mampu mendidik siswanya, agar dapat meraih masa depannya yang terbaik. Baik dibidang pendidikan maupun dunia industri. Sebagai tambahan mohon dilengkapi fasilitas atau alat-alat praktek, karena dengan praktek siswa lebih luas pengatahuan dan pengalamannya guna bekal saat terjun ke industri. Dan terakhir saya berharap dewan guru lebih rajin dalam mengajar agar siswa tak dirugikan dan dapat belajar serta mendapat ilmu yang bermanfaat. Amin. (MP)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar