Selasa, 28 April 2015

Perjalanan & Karya Jurnalistik SMKN1 Puloampel

Pada tahun 2011 dimulai dengan menjalankan atau menggerakkan Majalah Dinding (Mading), inilah yang kami lakukan, yakni mengundang dan mengumpulkan siswa yang berminat untuk menyalurkan bakat serta kreasinya dan dipublikasikan melalui madding Sekolah. Saat itu memang banyak tanggapan positif meski tak banyak yang menyumbang karya atau tulisan. Mayoritas para siswa hanya melintas namun tak tertinggal ada juga siswa dan guru yang mengacungkan jempol atas artikel2 yang kami muat.
Seiring waktu berjalan, terlihat madding sangat monoton begitu-begitu saja bahkan yang sering kami lihat adalah para siswa merusak kunci dan kaca alias tidak bisa menjaga. Padahal itu miliki kita bersama yang sangat berharga menurut kami. Namun apalah daya, karena saat merusaknya kami tidak mengetahui, beberapa kali telah kami perbaharui dan perbaiki namun hasilnya tetap dirusak dan kami malas memuat artikel2 dimading lagi. Bebeapa bulan madding tersebut kosong blong tanpa ada yang mengurus, semua acuh tak acuh meski beberapa siswa menantikan rubrik artikel yang akan kami muat. Selain itu dana sudah pasti menjadi kendala karena sekolah tidak memberikan kontribusi agar kegiatan madding berjalan. Dan akhirnya kami memutuskan untuk membiarkan begitu saja. Namun perlu kita ketahui bahwa kami mengarsipkan semua yang telah kami terbitkan di madding dalam bentuk buku bundle Hard Cover sesuai edisi masing2. Jadi kita bisa melihat dan mebaca sejarah siapa saja yang dulu pernah menulis dan seperti apa artikel2 yang pernah dimuat di madding sekolah tsb.
Setelah madding tidak aktif, namun kami tetap ingin berkarya dan sebagai perintis aspirasi siswa serta menjadi mediator siapa saja yang ingin melatih bakat serta membuat karya tulis ataupun jurnalitik. Akhirnya kami berinisiatif membuat majalah sekolah, meski dikelola sendiri dan cukup berat karena rubrik dan artikel harus rapih dan berurutan sesuai kolom dan jumlah halaman. Kami berpikir meski tidak banyak dikonsumsi oleh banyak orang setidaknya kami memiliki arsip sebagai bukti bahwa kami memiliki kegiatan yang positif yakni menarik dan mengajak warga sekolah agar mau membaca dan menulis (literasi). Saat itu sekitar thn 2013 kami beri nama majalah itu “Amuniaka” singkatan dari Anak Muda Pecinta Karya. Dengan nama majalah tersebut kami berharap agar banyak yang mau berkarya dan mencintai karya2 yang tlh dibuat dan khusunya para muda mudi atau remaja serta pelajar itu sendiri.  Semua itu berjalan dan bertahan sampai tahun 2014 karena dengan alas an penggantian pengurus pergantia periode karena tau sendirikan setiap tahun sekolah melepaskan siswa-siswinya (lulusan).
Majalah Amuniaka nasibnya sama seperti madding sekolah dia mati atau tidak aktif eksistensinya, dan selanjutnya setelah dua poin tersebut mati maka lahirlah sebuah Majalah baru yang bernama Media Pelajar. Media Pelajar (MP) lahir atas gagasn pengurus jurnalistik periode 2015 hingga saat ini, MP sangat optimis karena ditahun baru berharap ada semangat baru. Besar harapan MP untuk membangun budaya literasi serta ingin mewujudkan visi misinya yakni bisa menjadi  Aspiras dan Inspirasi Para Pelajar.
Media Pelajar (MP) hadir dihapan anda dengan tujuan melestarikan budaya literasi. Menghimpun dan menumbuhkan informasi dan komunikasi. Dengan harapan dapat mengembangkan kreatifitas dalam berkarya dan menumbuhkan minat mebaca dan menulis.

Media Pelajar merupakan terobosan dan restorasi baru bagi anda yang ingin berbagi, berkarya, belajar, dan mengeluarkan aspirasi, inspirasi dan motivasi kita khusunya dilingkungan sekolah.
Media Pelajar memiliki sifat keterbukaan dan tentu berpegang pada idealisme yang mengutamakan kebenaran, menjunjung kemulyaan dan berorientasi pada edukasi dan sosial.
Maka bagi anda yang ingin menulis, belajar nulis, berbagi informasi, dan melatih bakat anda atau sekedar menjadi pengamat informas maka bergabungalah di media pelajar karena MP tersedia di halaman Faceebook “Media Pelajar” atau kalau ingin memesan buku/ Majalahnya juga boleh silahkan pilih mana karena kami persembahka untuk anda para pembaca Media Pelajar.
Terakhir kami ingin mengajak Yuk Nulis, tebarkan kebagikan dengan menulis. Salam dari kami Redaksi Majalah Media Pelajar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar