Kamis, 23 April 2015

Motivasi BELAJAR Belajar Memotivasi

Setiap orang dalam dirinya pasti pengen selalu semangat dalam menjalani segala aktifitas, termasuk kamu sebagai pelajar sopasti gak pengen rasa malas menjadi teman sehari-hari kamu. Tapi apa kamu pernah berpikir gimana caranya agar setiap saat kamu semangat atau memiliki motivasi yang kuat.
Sebenernya ga panjang lebar dari mana kamu memeulainya. Coz, kamu bisa mulai dari hal2 terkecil. Tapi yang terpenting ada usaha keras untuk membangun semua itu. Ok sebelumnya kamu boleh mencari referensi lain tentang motivasi belajar, tapi gada salahnya kamu coba ikutin langkah2 pada tulisan ini. Tapi yang terpenting kamu udah tau bahwa faktor motivasi itu ada dua hayo tau gak, yh bener jawaban kamu yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor internal adalah dasar motivasi yang ada dalam diri kamu, hanya kamu yang dapat mencipatakan motivasi itu sendiri, sedangkan faktor eksternal itu berasal dari luar dari diri kamu seperti lingkungan, sekolah, pergaulan, keluarga dsb. Keduanya sangat berpengaruh, N’ harus dipertimbangakan. Namun yang terpenting sebenarnya faktor internal. Karena apapun yang terjadi kamulah yang memutuskan, yang membentuk dan yang membentengi dari berbagai keadaan positif maupun negatif yang kamu hadapi. So, kamu harus pinter2 cari referensi baca buku tentang motivasi, cari teman yang memacu kamu untuk semanget, beraktivitas yang positif atau samperin guru kamu yang enak saat diajak ngobrol mau berbagi N’ ikhlas membantu masalah kamu, sekarang udah banyak tuh acara2 tentang motivasi kayak Mario Teguh Golden Ways, Adrie Wongso dan motivator2 lain. Waduh jadi ngelantur kemana2nih jadi bingung  intirnya, Sorry yh. Yadh qT lanjut ke inti permasalahan, sebelumnya saya tanya kamu bener2 gak pengen punya semanget atau motivasi belajar. Kalo dah niat bener2 satu poin kamu dah termasuk berupaya untuk membangun motivasi. Selanjutnya gampang, tinggal melihat selama ini apa yang menjadi kendala, punya masalah apa. Misal; males, bangun kesiangan, gak mau ngerjain tugas, atau jengkel sama guru atau pengajar dikelas kamu. Karena semua yang disebutin itu berpengaruh buat kamu. Mana mungkin kamu bisa semanget belajar kalo kamu sering bergadang, bangun kesiangan atau masih sering nongkrong di warung. Coba kamu tinggalin atau hindarin hal semacem itu.
Perubahan itu harus dimulai sejak sekarang, dari hal terkecil dan mulai dari diri kamu sendiri. Buang jauh-jauh hal yang membuat kamu ngelantur, lupa sama pelajaran.   Hindari teman yang mengajak yang enggak2. Gda salahnya kamu coba belajar memotivasi diri, dengan cara merancang cita2 kamu kedepan, melihat bagaimana perjuangan ortu kamu agar kamu bisa terus sekolah. Kamu juga bisa milih siapa guru yang kalo ngajar suka sharing dan memotivasi kamu dikelas. Jadi banyak jalan buat kamu kalo mau memotivasi diri atau membangkitkan kembali motivasi kamu.
Coba kamu pikir, andai kamu ugal2an dalam belajar. Pertama kamu sudah bohongin ortu, kedua kamu sudah menyia2kan kesempatan itu artinya kamu udah gak sayang lagi pada diri kamu sendiri. Emang ortu kamu ngedidik buat siapa kalo kamu sukses. Buat kamu sendirikan jadi apapun yang terjadi ntar pasti balik pada diri kamu sendiri. Kalo sekarang kamu semangat, rajin belajar kita bisa liat ntar kamu jadi seperti apa. Emang nasib orang beda2 tapi yang terpenting qT udah usaha. Nah usaha kamu saat ini ya belajar termasuk merubah diri kamu untuk menjadi lebih baik. Gak negecewain yang ngebiayain sekolah kamu. Cobadeh setiap pagi bagun tidur ucapin doa abis doa ucapin kata “ SEMANGAT” sebanyak tiga x. Kamu bisa rasakan efek dari apa yang kamu lakuin. Jadi intinya mau dibawa kemana diri kamu, mau semangat, mau berubah atau mau biasa-biasa aja tetep ngelakuin kesalahan yang akan merusak masa depan kamu, akhirnya kamu jadi orang biasa2 aja. Moga kalo kamu mau berubah dan mau belajar memotivasi diri, kamu bisa menjadi orang yang luar biasa, kamu bisa dapet prestasi yang cemerlang dan tentunya dapat merubah keadaan dan dapat bermanfaat bagi orang lain. Pesen trakhir kalo kamu punya ide canggih N’ gokil cara memotivasi belajar, kamu boleh nulis di MP, siapa tau dengan ide kamu bayak temen2 yang bisa berubah menjadi lebih baik gara2 kamu nulis disini. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar