Kamis, 23 April 2015

Jangan Bilang Pelajar Kalo Gak Bisa Nulis


Pada umumnya setiap orang berbakat bisa menulis bahkan banyak orang yang ingin bisa menulis atau menjadi penulis apalagi kita sebagai pelajar malu kalo gak bisa nulis. Alasan menjadi penulis atau bisa menulis banyak hal, terkait pada motivasi yang ada dalam diri kita. Sebagai penulis pemula pasti bingung darimana kita mulai menulis atau bagaimana cara menulis.

Motivasi
Motivasi menulis sangat penting, karena itu sebagai landasan atau penyemangat kenapa kita mau menjadi penulis. Begitu banyak keistimewaan seorang penulis misalnya:  dapat berbagi ide, gagasan, saran, aspirasi, mendapat uang, terkenal atau populer , dan lain-lain. Nah Tanya pada diri kita mengapa ingin menjadi penulis.

Tips
Tips sederhana dalam memulai menulis adalah latihan, latihan, dan latihan. Berani mencoba dari sekarang, dari hal-hal yang sepele, dari hal-hal yang terjadi disekeliling kita. Istilah pepatah mengatakan tulis apa yang kita lihat, apa yang kita dengar, apa yang kita rasakan. Penulis terkenal seperti Asma Nadia, JK Rowling, Dewi Lestari, Habiburrohman, Emha Ainun Nadjib, dan penulis lain biasanya memulai tulisannya dari buku harian atau buku diary. Kejadian sehari-hari yang mereka rasakan dituangkan dalam tulisan. Setiap orang memiliki pengetahuan, pengalaman, dan gagasan yang berbeda-beda. Maka begitu mudahnya kita untuk mencoba menulis. Tulislah pengalaman-pengalaman yang pernah kita alami. Maka disitu kita akan mengetahui kemampuan kita bahwa kita juga bisa menulis.

Publikasikan
Setelah memiliki tulisan-tulisan ringan, kita bisa menyalurkan atau mempublikasikan pada media yang ada, misalnya di madding sekolah, di koran, majalah atau yang lebih mudah dan ngehitz pada internet seperti di blog, facebook, twitter dan media lainnya. Dari situlah kita mendapat tanggapan bagus tidaknya tulisan kita dari para pembaca. hal tersebut dapat kita jadikan evaluasi . Ada peluang kita menjadi penulis professional dengan menerima kritika-kritikan demi kelihaian untuk memperbaiki kualitas tulisan kita.

Tema berbeda
Untuk meningkatkan kualitas dan kepopuleran kita sebagai penulis tentu kita disarankan bisa menulis dengan berbagai tema atau jenis tulisan kita.  Karena  dengan bisa menulis berbagai tema atau jenis tulisan kita juga bisa menyuguhkan tulisan kita kepada para pembaca yang lebih luas sehingga kita dapat dikenal pula oleh orang banyak. Ada dua jenis tulisan yakni tulisan fiksi dan non fiksi, kita dapat memilih antara keduanya, apalagi pada saat ini diberbagai media massa disediakan beberapa kolom yang berbeda untuk para pembaca yang inign mengirimkan tulisannya. Misalnya kolom untuk tulisan puisi, essay, opini, budaya, cerpen, dan kolom-kolom lain yang bisa kita coba sebagai wadah atas tulisa-tulisan yang kita buat.

Akhirnya mari kita gemar menulis, berani mencoba dan terus latihan. Pertayaan terakhir apa yang sudah kita tulis? Karya apa yang telah kita buat? Jangan bilang sebagai pelajar kalau kamu gak bisa nulis. Majalah Media Pelajar (MP) hadir untuk anda yang ingin menulis dan berkarya* An-Nahl. MP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar