Kamis, 23 April 2015

Tips Memilih Eskul

Bingung gimana cara milih atau ngambil keputusan untuk ikut eskul apa disekolahmu? Karena banyak dan beragam dari kekurangan sampai kelebihan masing-masing eskul. Tapi pasti diantara beberapa ada yang pas buat kamu pilih atau pilihan yang srek. Cuman harus inget juga nih yang srek belum tentu baik untuk kamu oleh karena itu yups.. baca sidikit tip buat kamu yang pengen pilih eskul-eskul disekolah kamu.
Pertama, pilih eskul yang memang tidak mengganggu waktu belajar kamu. Artinya, cari eskul yang tidak banyak menyita waktu kamu, baik sebagai muslim maupun sebagai seorang pelajar. Misalnya, kalo pas kamu udah ikutan eskul terus sampe ngelupain kewajiban kamu sebagai muslim, kayak solat 5 waktu, nah yang kaya gitu, nggak wajib dipilih.
Kedua, pilih eskul yang bisa mendukung Islam dan dakwah. Hemm.. apa yang kira-kira pas? Tentu bergantung masing-masing sekolah, karena masing-masing sekolah bisa jadi beda faktanya meskipun sama eskulnya. Tapi, secara umum kalo mau lebih menjurus mendukung Islam dan dakwah, maka pilihannya ya ikutan Rohis alias kerohanian Islam.
Ketiga, pilih eskul yang tidak bertentangan dengan syari’at Islam. Loh emang ada eskul yang gituan? Ada, nggak perlu disebutin, tapi seenggaknya kamu juga kudu ngerti apa saja syariat-syariat Islam. Misalnya, bagi yang putri kalo mau ikut eskulkan nggak bisa ikutan yang sembarangan, macam basket atau pencak silat yang pelatihnya lawan jenis, dll.
Keempat, pilih eskul yang sesuai bakat dan minat kamu. Kalo kamu kayaknya selama ini suka hacking, ya bolehlah ikutan eskul pecinta alam, asal perhatiin hal-hal yang syar’inya. Ternyata kamu selama ini suka menulis, bolehlah ikutan KIR alias karya ilmiah remaja, atau Jurnalistik yang mengajarkan untuk membaca dan menulis. Siapa tahu setelah ikut eskul tersebut bisa menjadi peluang dan bisa mendukung dakwah Islam lewat tulisan-tulisan kamu.
Nah segitu dulu tips yang kami berikan, semoga bermanfaatyah.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar